shadow slide1

         
iconrow prosedur3 iconrow jadsid2 iconrow sipp2 iconrow sapm2 iconrow siwas2
Prosedur Berperkara Jadwal Sidang SIPP SAPM SIWAS MA RI
         
ecourt1 net badilag aco1 SMS Notifikasi1 gugatanmandiri1   aktacerai
E-Court A.C.O Integrated System Notifikasi Perkara Gugatan Mandiri
Validasi Akta Cerai
Maklumat

maklumat

Berita
Berita Terkait

Berita PTA

Berita Badilag

Berita Mahkamah Agung

statistik Statistik Perkara

Grafik Perkara 3 Bulan Terakhir

Untitled-2

Jakarta | badilag.mahkamahagung.go.id

Ketua Mahkamah Agung RI YM. Prof. Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H. membuka secara resmi Rapat Koordinasi Ditjen Badilag di ruang Command Center MA RI, Selasa (2/3/2021).

Didamping Wakil Ketua Bidang Yudisial,Wakil Ketua Bidang Non Yudisial, Ketua Kamar Agama, Sekretaris dan Panitera Mahkamah Agung serta Dirjen Badilag menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya rapat koordinasi tersebut.

Menurutnya, Rapat Koordinasi yang diadakan Ditjen Badilag yang didukung Kamar Agama Mahkamah Agung merupakan representasi dari komitmen bersama seluruh unsur di Peradilan Agama dalam menetapkan program-program strategis yang dibutuhkan bagi kemajuan lembaga.

H.M. Syarifuddin menambahkan bahwa jalannya roda kelembagaan tidak dapat dilepaskan dari perancangan program-program strategis yang terpadu dan komprehensif.“Dalam kerangka pikir ini, seluruh elemen dalam lembaga maupun stakeholders terkait perlu dilibatkan, baik dalam perumusan, perancangan, pembahasan, hingga pelaksanaan program”katanya.

Lebih lanjut, H.M. Syarifuddin mengatakan bahwa capaian-capaian suatu lembaga tidak dapat dilepaskan dari kerjasama antarlini. “Komunikasi yang efektif serta kesadaran dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab masing-masing adalah kunci bagi terwujudnya visi yang telah ditetapkan Mahkamah Agung”tambahnya.

H.M. Syarifuddin menyampaikan pentingnya diselenggarakan Rapat Koordinasi. Menurutnya, dengan Rapat Koordinasi, maka komunikasi antara pimpinan di pusat dengan seluruh satuan kerja di daerah dapat terjalin dengan baik. “Dari Rapat Koordinasi ini, diharapkan lahir kebijakan-kebijakan baru yang dapat membawa perubahan yang signifikan di lembaga yang kita cintai ini”harapnya.

Rapat Koordinasi ini juga menjadi mediä yang paling tepat untuk mengevaluasi kembali kebijakan-kebijakan sebelumnya, menemukan dimana titik lemahnya, menerapkan rencana aksi perbaikan, menggagas inovasi baru, serta menetapkan target capaian lain yang mendukung terwujudnya badana peradilan Indonesia yang agung.

Laporan Kegiatan

Dalam laporan sebelumnya, Dirjen Badilag Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. menyampaikan peserta rapat koordinasi terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris Mahkamah Syar’iyah Aceh dan Pengadilan Tinggi Agama yang akan dibagi dalam tiga komisi, yaitu: Komisi Teknis Yustisial, Komisi Kepaniteraan dan Komisi Kesekretariatan dengan narasumber para hakim agung Kamar Agama.

Untitled-1

Saat pembukaan, pembinaan dan penyampaian materi dari beberapa narasumber, Badilag juga mengikutsertakan Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris Mahkamah Syar’iyah dan Pengadilan Agama seluruh Indonesia.

Disamping pembinaan oleh Ketua Kamar Agama Dr. H. Amran Suadi, S.H., M.H., M.M. dan Dirjen Badilag Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H., tercatat ada 5 narasumber baik dari dalam dan luar negeri yaitu Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI Askolani, S.E., M.M.tentang Penguatan Hukum Ekonomi Syariah dan YM. Prof. Adjung Datuk Setya Dr. H. Mohd. Naim Mokhtar sebagai Ketua Jabatan Kehakiman Syariah Malaysiatentang Penerapan Hukum Nafkah Anak Pasca Perceraian di Malaysia.

Sementara itu materi tentang Gugatan Mandiri di Australia disampaikan oleh Y.M. Judith Ryan yang menjabat Hakim Divisi Banding FCoA di Sydney Australia. Dari Universitas Islam Muhammad Bin Sa’ud Arab Saudi,Syeikh Dr. Abdur Rahman At Thamimi akan menyampaikan materi tentang Penyelesaian Sengketa Perbankan Syariah di Arab Saudi. Dan,  Leisha Lister sebagai Senior Advissor AIPJ 2 menyampaikan Perlindungan Anak yang lebih Baik Pasca Perceraian

Untitled-3

Tentang penyelenggaraan, Dirjen Badilag menyampaikan bahwa untuk pertama kali rapat koordinasi dilakukan secara virtual. “Oleh karena masih dalam suasana pandemic Covid-19, maka Rakor ini dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan fasilitas Zoom Meeting dan Streaming Youtube Ditjen Badilag” ungkapnya. (hirpan hilmi)

Jumlah kunjungan

Hari ini
Minggu Ini
Bulan Ini
TOTAL
345
1361
4638
260546

5.01%
36.49%
8.04%
0.28%
0.12%
50.06%

Alamat IP Anda: 100.24.122.117

Sosial Media

 

logo fblogo iglogo youtube

Jam Kerja & Pelayanan

NORMAL
Jam Kerja & Pelayanan
 Senin s/d Kamis   Jum'at
 08.00 - 16.30  08.00 - 17.00
Jam Istirahat
 Senin s/d Kamis   Jum'at
12.00 - 13.00 12.00 - 13.30
RAMADHAN
Jam Kerja & Pelayanan
 Senin s/d Kamis   Jum'at
08.00 - 15.00  08.00 - 15.30
Jam Istirahat
 Senin s/d Kamis   Jum'at
12.00 - 13.00 11.30 - 12.30

SABTU, MINGGU

&

LIBUR NASIONAL

 TUTUP

  • banner-dela.jpg
  • banner-suhaemi.jpg
  • banner.jpg